Jawaban bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 Halaman 84-86

Kunci Jawaban bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 Halaman 84-86

Assalamu'alaikum, Blog ini memuat artikel seputar bahasa Indonesia kelas X, XI, dan XII


Halaman 84

Tugas 1
Memahami Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks “’Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” Pada tugas ini kalian diajak untuk memahami struktur teks berita dengan menguak konteks peristiwa yang terjadi yang dijadikan berita. Jawablah pertanyaan berikut sebelum kalian membaca teks “’Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam”!
1) Kalian pernah membaca koran, bukan? Tulisan di koran tidak semuanya berisi berita, ada pula yang berisi informasi dan hiburan. Coba kalian jelaskan mengapa bisa demikian?
Tulisan berupa informasi dan hiburan pada koran digunakan untuk menyeimbangkan kepuasan pembaca akan kebutuhan berita dengan informasi dan hiburan sehingga pembaca lebih tertarik lagi untuk melihatnya.

2) Pemilihan presiden di suatu negara merupakan sebuah berita, coba kalian sebutkan peristiwa dunia lain yang bisa dijadikan berita!
Peristiwa itu antara lain pemboman teroris, kasus pil pcc, pembunuhan Angeline, banjir di ibu kota, kebakaran hutan, kejahatan organisasi radikal.

3) Dalam melakukan suatu pertemuan antara dua negara terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh negara yang bersangkutan. Salah satunya adalah melakukan pertemuan untuk membahas suatu penawaran tertentu yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Demikian halnya yang dilakukan oleh dua negara dalam teks berikut. Bacalah dengan cermat!
Pertemuan Kennedy selaku Duta Besar Amerika Serikat dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe untuk melakukan kerja sama di bidang teknologi, yaitu Kereta Api magnetic levitation buatan Jepang yang berharap Amerika mau membelinya untuk digunakan di daerahnya.

Halaman 86
Setelah membaca teks berita “’Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” itu, coba kalian jawab pertanyaan berikut!
 1) Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dalam pertemuan dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy pada Sabtu, 12 April 2014 mengatakan: “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih”. Teknologi tercanggih apakah yang dimaksud oleh Perdana Menteri tersebut?
Teknologi tercanggih yang dimaksud Perdana menteri Jepang ialah Kerea Api magnetik supercepat dengan teknologi magnetic levitation yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama.

2) Dalam pertemuan tersebut, apa yang ingin ditawarkan pemerintah Jepang kepada Amerika Serikat?
Barang yang ditawarkan pemerintah Jepang  yaitu Kereta Api magnetik supercepat dan canggih dengan menggunakan teknologi magnetic levitation yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama. Kereta Api ini juga disebut Kereta Api maglev.

3) Mengapa kereta api itu disebut sebagai kereta api canggih? Sebutkan alasannya!
Karena kereta itu menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama. Dengan menerapkan teori dasar magnetisme kereta tanpa roda ini akan terangkat 10 centimeter dari relnya saat diaktifkan. Tanpa gesekan antara roda relnya Kereta Api magnetik supercepat ini sempat menempuh 505 kilometer per jam.

“Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, and happy blogging …”

No comments:

Post a Comment

Sertakan kritik dan saran terbaikmu ya, thanks a lot ^^